Tomcat atau rove beetle

Serangan Tomcat atau rove beetle sudah mulai meluas ke daerah. Tidak hanya Surabaya saja, melainkan Kabupaten Tuban, Jawa Timur juga dikunjungi serangga yang bisa mengeluarkan toksin tersebut.

Tomcat ini sudah menyerang warga Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Tuban. Salah satu warga, Mauludin, (45). Menurutnya, dia menderita sakit gatal-gatal seperti gejala yang ditimbulkan Tomcat.

Lukanya pun tidak hanya gatal, namun juga mengalami pembengkakan dan sedikit ada nanahnya di lukanya itu. "Rasanya panas," kata Mauludin di Tuban, Rabu 21 Maret 2012.

Mauludin menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan kalau itu serangan Tomcat. Namun, pasca mendengar berita, luka yang diritanya persis yang ditumbulkan Tomcat. "Lukanya persis dengan luka yang saya derita," lanjutnya.

Diceritakannya, pihaknya menderita gejala seperti itu sudah beberapa minggu kemarin. Saat itu, pihaknya dihinggapi serangga kecil seperti Tomcat saat naik motor di Bojonegoro, Jawa Timur. Pasca itu, pihaknya merasakan kegatalan pada lehernya.

Namun, lambat laun lukanya kian banyak. Pertama, pada lehernya namun menjalar ke muka. Tapi, hingga berhari-hari di badannya. Semakin lama malah semakin banyak, Mas. Dan luka ini rasanya panas," ujarnya.

Tidak hanya di Montong saja, serangan Tomcat ini juga ada di Kelurahan Karang Indah, Tuban. Banyak warga yang rasah akibat serangan serangga ini. Selain itu juga ada warga yang sudah merasakan gatal.

Sementara itu, Saiful Hadi, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban menuturkan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk memeriksa Tomcat di Montong, dan Karang Indah. Sementara itu orang yang sudah kena serangan disarankan diobati dengan salep. "Pencegahannya pakai salep Neomeycin dan Betametason," ujar Saiful Hadi.

Sedangkan untuk pembasmian Tomcat itu, Saiful menyerahkan sepenuhnya ke Dinas Pertanian Tuban. Sementara itu, untuk Ir Sudarmudji, Kepala Bidang Holtikultura dan Pertahanan Pangan Dinas Pertanian Tuban menyatakan, untuk membasmi Tomcat harus dengan Inseksida. "Itu dengan cara disemprotkan ke serangganya (Tomcat)," ujarnya.